Selasa, 23 Juli 2013

Pengganti Tito Vilanova

Tito Vilanova baru saja resmi menjabat sebagai entrenador Barcelona. Faktor kesehatannya yang tidak stabil menjadi alasan pelatih yang sukses mempersembahkan gelar La Liga musim lalu, turun dari kursi kepelatihan Los Azulgrana.

Dengan perginya Tito, Barcelona kini berstatus tanpa pelatih. Dan pihak klub saat ini disibukkan mencari kandidat pelatih yang pas untuk menokangi Barcelona musim depan. Barcelona memang terkenal lebih suka mengangkat orang dalam sebagai manajer klub. Namun kini, Jordi Roura dan Rubi selaku asisten Tito, masih belum bisa dipercaya untuk menangani Barca, mengingat persaingan musim depan akan semakin ketat.

Berbaicara mengenai kandidat pelatih penggati Tito Vilanova, berikut kami sajikan 5 kandidat calon pengganti Tito Vilanova di kursi kepelatihan EL Barca.

1. Michael Laudrup (Swansea City)

Michael Laudrup sejatinya adalah mantan pemain Barcelona, dirinya merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki klub tersebut. Kesuksesan dirinya mengangkat prestasi Swanse City musim lalu, bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi pihak klub. Apalagi gaya permainan yang ia terapkan di Swansea, hampir sama dengan filosofi bermain Los Azulgrana.

2. Luis Enrique (Celta Vigo)

Luis Enrique adalah mantan pemain Barcelona, semasa berkostum EL Barca dirinya dikenal sebagai gelandang perkerja keras. Di awal karirnya sebagai pelatih, Enrique sempat dipercaya menangani Barcelona B, dan kemudia dirinya memutuskan hijrah ke AS Roma. Namun kemungkinan dirinya untuk menjadi Pelatih baru Barcelona sangatlah tipis, mengingat Enrique baru saja menyepakati kontrak dengan klub La Liga lainnya yakni Celta Vigo.

3. Frank de Boer (Ajax)

Sama seperti Laudrup dan Enrique, Frank de Boer juga merupakan alumnus Camp Nou. Saat ini dirinya melatih Klub Ajax, seperti yang kita ketahui Ajax merupakan klub yang terkenal dengan gaya bermain total Footballnya, yang menjadi inspirasi permainan Barca yang dikenal dengan Tiki-Taka. Dan bukan tidak mungkin de Boer akan menjadi pelatih Barcelona musim depan.

4. Johan Cruyff

Johan Cruyff sejatinya dalah pencipta gaya permaianan Barcelona yang dikenal dengan tiki-taka. Sebelumnya, pelatih sarat pengalaman ini pernah menangani Barcelona di tahun 1988. Bukan hal yang mustahil jika dirinya akan kembali mengarsiteki Los Azulgrana, namun yang menjadi permasalahan adalah adanya perselisihan antara dirinya dengan pemiliki klub Sandro Rosell.

Selai emapat nama diatas, nama-nama lain yang masuk kandidat pelatih baru Barcelona adalah Andre Villas-Boas yang kini menangani Tottenham Hotspur, Roberto Mancini yang baru saja dipecat dari kursi kepelatihan Manchester City, dan Jupp Heynckes yang sukses memberikan gelar Treble Winner bagi Bayern Munich musim lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar